Monday, May 16, 2005

Anne Ahira, Elite Marketing dan Kontroversi di sekitarnya

Hari sabtu 14-may-2005 gw datang ke seminar AA di sbm. Finally gw berhasil bertemu dengan kartini 2005 sekaligus jutawan baru indonesia. Postingan ini berisi resume seminar dan pendapat gw tentang AA dan bisnisnya. Maaf kalo tulisannya panjang dan loncat-loncat ^_^
-------------------------------------------------------------------------------------

Ada baiknya sebelum membaca postingan ini, baca dulu artikel di SWA ini:
http://www.swa.co.id/sekunder/kolom/pemasaran/strategi/details.php?cid=2&id=143

-------------------------------------------------------------------------------------


SEMINAR
-------
Internet Marketing Strategy. By Anne Ahira (AA)

AA menjelaskan tentang Internet Marketing (IM). Sebenarnya ga ada yang baru: affiliate marketing, network marketing, pay-per-sale, pay-per-click, pay-per-lead, auto-responder,webhosting, domain & product endorsement. Gw sendiri sudah tau semua itu, mungkin sesuai audiencenya (anak sbm) yang dianggap sama sekali ga tau tentang IM. Ternyata AA pernah menjadi affialite marketing (atau bahasa gaulnya : makelar) sebelum akhirnya membuat Elite Marketing System (EMS). Ketika menjadi affiliate tadi, AA pernah menjual kuda, rumah, guci cina, etc.

...

Walaupun di slide fotokopian ada, AA tidak menjelaskan tentang EMS. Later she said: nanti saya dibilang promosi.

...

AA menjelaskan tentang Asian Brain (AB). Bisnis kedua dia setelah "sukses" dengan EMS. AB sendiri adalah pusat pembelajaran IM. "Kuliah" di AB direncanakan selama 6 bulan dengan harapan "mahasiswa" bisa menjadi internet-internet marketer baru layaknya sang guru. Jika EMS dikhususkan untuk menjual keanggotaan FFSI (Finansial Freedom Society Inc), maka dengan AB, kita bisa menjual apasaja di internet. AA merencanakan keliling kampus2 di Indonesia untuk mempromosikan bisnis barunya ini.

...

Tanya Jawab. Gw langsung nanya soal kontroversi EMS, pertanyaan dari peserta lain gw lupa. Things I learned:
- AA menentang SPAM. Kalau ada yang menerima spam dari member EMS bisa dilaporkan ke AA dengan email webmaster@asianbrain.com
- Jika Anda menerima email SPAM tentang AA dari alamat xxx@yyy.aweber.com, itu bukan spam. Mungkin Anda (atau orang lain) pernah memasukkan alamat email anda di salah satu website anggota elite team. Aweber sendiri auto responder, sekali anda memasukkan email di halaman web member EMS, aweber akan terus mengirim email ajakan bergabung setiap beberapa hari sekali.
- Tentang persona dikompas: Yang menulis liputan itu bukan wartawan kompas, melainkan copywriter AA. AA bilang wartawan kompasnya ga ngerti waktu dijelasin tentang bisnis dia. AA sendiri tidak membayar sepeserpun untuk liputan itu.
- AA berkeberatan untuk menjelaskan posisi bisnisnya dimedia massa. She said, salah satu kode etik internet marketer adalah meyimpan kerahasiaan bisnisnya.
- AA tidak suka blog, terutama blog priyadi. Terlebih dengen posting diagram piramida priyadi. AA sempat mengeluarkan kata-kata: jangan percaya blog! (tm). Walaupun kemudian dia minta maaf. Juga ada perkataan AA yang menyinggung blogger yang suka menjelek-jelekan dia: Tahu apa mereka tentang marketing, mereka kan orang teknis. Perkataan itu disambut tepuk tangan riuh anak-anak sbm ^_^. Gw sendiri cuma bisa mengurut dada. Dada gw sendiri, bukan dada orang lain. Tepuk tangan itu bisa dimaklumi karena SBM berada dilingkungan teknik, sehingga ingin selalu bilang: Gw orang bisnis/marketing, lu orang teknik. Mungkin mirip dengan SR.
- Skema bisnis EMS (FFSI) sendiri bukanlah piramida karena hanya level 4.

After session. Setelah seminar gw dan beberapa peserta lain ngobrol2 dengan sang kartini 2005. Things I Learned:
- Ada isu kalau AA adalah pemenang Marketing Award dari SWA/Mark Plus. Mengalahkan Hermawan Kartajaya. Pengumuman marketing award yang harusnya dimuat di SWA minggu ini diundur. SWA takut dapat masalah lagi gara-gara mengorbitkan AA.
- Sekali lagi, dengan berbagai alasan (dia tidak punya waktu, dia cuma sendiri, masukin artikel ke media massa susah), AA enggan menjelaskan posisi bisnisnya kepada masyarakat.
- AA tidak suka blog priyadi dan enda tapi suka blog amal ^_^.


My Opinion
----------
Penggunaan kata marketing kurang tepat, mestinya sales. Mungkin gw salah, tapi ketika mendengar marketing yang terpikir oleh gw 4P, 4C atau marketing mix. IM mungkin lebih tepat disematkan kepada amazon, dell atau ebay.

AA membentuk AB karena sadar EMS lambat laun akan ambruk dan juga banyak menuai kontroversi. AB juga dibentuk untuk membersihkan namanya, karena selama ini setiap mendengar AA orang akan mengasosiasikan dengan spam, skema piramid, or else. Minimal dengan AB, AA bisa bilang: Gw mencoba mencerdaskan kehidupan bangsa dan menambah devisa negara. Gw pribadi mendukung AA di bisnis AB ini. Jika nanti sudah dilaunching, kemungkinan besar gw ikut bergabung.

EMS sendiri dibentuk karena AA tahu member baru perlu memasarkan keanggotaan FFSI. Bagaimana caranya? Bisa online dan offline. Jika menggunakan cara online, member perlu membuat website, disitu muncul kebutuhan akan email auto responder. Biaya auto responder dari aweber sekitar $20 perbulan. Aweber sendiri dibeli member baru dari AA dengan menggunakan affiliasi. Ketika akan membuat iklan di website, member perlu endorser, siapa dia? Tentu AA. Biaya endorser dan juga iklan bersama (co-op) sekitar $30-$50 perbulan. See how smart she is. Anda sendiri bisa memasarkan keanggotaan FFSI tanpa bergabung dengan EMS. Hal itu akan menghemat $50-$80 perbulan.

Apasih FFSI itu? Silahkan baca website berikut:

http://www.eliteteamindonesia.com/45107/special/index.php?topic=bisnis-produkffsi
http://www.ffsi.com/45107

Terlihat bahwa FFSI adalah online-financial-counsellor. Gw sendiri belum pernah membaca materi yang diberikan, tapi isunya mirip dengan apa yang diajarkan Robert Kiyosaki di Rich Dad Series.

Sudah selesai membaca artikel Amalia di SWA? Jika sudah, silakan cermati marketing plan dari EMS di website ini:

http://www.eliteteamindonesia.com/45107/special/index.php?topic=bisnis-strategi

Silahkan Anda judge sendiri skema bisnis EMS berdasarkan kriteria yang disebutkan Amalia.

Mari bicara dollar. Ketika Anda bergabung FFSI Anda mesti bayar $60 untuk "The Art of Achieving Financial Freedom" dan "Yearly FFSI Membership Consultant Fee". Kemudian setiap bulan mesti bayar "Financial Freedom Society, Non-USA Dlx" sebesar $44,95 dan "FFSI Membership Consultant Tools" sebesar $10. Jangan lupakan biaya auto responder dari Aweber $20 dan biaya endorser $30. So, total pengeluaran sekitar $110/bulan. Itu belum termasuk biaya Google Adword, jika member yang bersangkutan cukup kreatif dan punya banyak uang.

Lantas darimana kita bisa dapat dollar? Silahkan baca website berikut:

http://www.eliteteamindonesia.com/45107/special/index.php?topic=bisnis-kompensasiffsi


Terlihat bahwa dollar yang kita dapatkan merupakan hasil dari iuran bulanan FFSI. Jika kita merekrut 256 downline dan mereka tertib bayar iuran bulanan maka kita akan mendapatkan $6658 perbulan. Sesuai dengan gembor-gembor yang ada diwebsite anggota EMS.

FFSI cuma sampai 4 level, jika lebih dari itu maka Anda tidak dapat komisi. Mengapa? Tentu saja untuk menghindar dari tuduhan Skema Piramida/Money Game/Ponzi Scheme.

Beberapa hari yang lalu gw ngobrol-ngobrol dengan seorang teman yang ikutan MLM. Tidak perlu disebutkan apa nama MLM-nya tapi MLM tersebut sempat 'mengguncang' ITB karena yang ikut banyak banget ^_^. Di MLM jika Anda berada di level terbawah Anda bisa tetap BEP karena anda bisa menjual produk. Margin antara harga distributor dan harga konsumen menjadi milik anda. Sedangkan di FFSI jika Anda tidak merekrut anggota (level terbawah) maka Anda akan selalu rugi (membayar iuran bulanan terus menerus).

Apakah EMS ini legal? EMS LEGAL. Tidak ada yang salah di EMS. FFSI telah berdiri 8 tahun lebih, mereka telah berpengalaman dibisnis ini.

Mungkin Sekarang Anda sudah mengerti apa yang ditawarkan AA melalui EMS. Ga ada yang istimewa kan? Bahkan produk FFSI yang dijualnya pun belum tentu cocok/dibutuhkan orang Indonesia. Lantas apa yang membuat masyarakat berbondong-bondong ikutan dan mengirim kembali dolar ke Amrik? AA smart. Dia mengerti psikologi orang Indonesia. AA mengerti kalo orang indonesia itu suka cari jalan pintas. Mau dapat duit banyak tapi malas kerja. Maraknya kasus korupsi dan penipuan melalui sms adalah contohnya.


Saran gw:
- Untuk AA
Jelaskan bisnis EMS di media massa. Minimal menjelaskan bahwa bisnis EMS adalah menjual keanggotaan FFSI. Lebih bagus kalau Anda mau menjelaskan marketing plan EMS untuk medapatkan $6658/bulan itu.

Ubah champaign. Menurut gw, FFSI itu baik, tapi bukan untuk nyari uang, melainkan untuk membantu masalah finansial kita (atau istilah Kiyosaki: Melek Finansial). Uang yang kita dapatkan adalah hasil dari iuran bulanan anggota, bukan dari penjualan produk layaknya mlm biasa. Tentu hal ini akan mereposisi bisnis Anda. Jika dulu targetnya adalah 'orang-yang-males-kerja-tapi-pingin-dapat-duit-banyak-dan-cepat' menjadi 'orang-orang-berduit-yang-masih-belum-melek-finansial'.

- Untuk anggota EMS
Jika anda sudah BEP, sebaiknya non-aktif dari FFSI/EMS. Jika tidak mau, ubah champaign anda. Pertimbangkan untuk keluar dari EMS karena Anda bisa menghemat $50. Gw pikir FFSI masih bisa dijual tanpa AA sebagai endorser. Membuat Auto Respondeer itu gampang, dan gw pikir ga semua website perlu autoresponder. Keluar dari EMS Anda bakal kehilangan technical support, that when google comes handy. Atau Anda bisa nanya-nanya di milis tentang webhosting/auto responder. Kalau Anda mau belajar, Anda bisa menghemat $50/bulan.

- Untuk yang lain. Baca dulu baik-baik janji surga yang ditawarkan EMS. Seorang teman kos gw pernah mendapat email ajakan untuk bergabung. Tentu saja dia tertarik dengan iming-iming dapat duit banyak. Apa yang dia lakukan? Dia donlot semua yang ada di website, terus di-print. Kebetulan dia pernah bergabung di MLM, jadi bisa membedakan mana yang bagus mana yang nggak, sehingga dia memutuskan untuk tidak bergabung. Kadang-kadang keinginan untuk mendapatkan uang banyak dalam waktu singkat membuat kita terlalu cepat mengambil keputusan.


PS
--
Seminar ini sendiri merupakan jerih payah RM - The new star of ITB mailing List. Setelah seminar gw ngobrol-ngobrol dengan RM. Dia cerita kalo OS gak bakal bisa diterapkan di SBM karena karakter mahasiswa sbm yang keras kepala. Gw sendiri tidak tahu apakah seminar AA sudah dipikirkan baik-baik oleh para dosen di sbm, karena menurut gw tentang IM sendiri mungkin Bung Enda atau Pascalis bisa jadi pembicara yang lebih baik. Kalo ada yang mempertanyakan kualitas sbm gara-gara AA, tanyakan ke

RM. Oh iya, RM bercita-cita menjadi the next you-know-who. Good luck there pal! Kapan mo debat lagi?

Kalau pingin tau lebih lanjut tentang AA melalui blog silahkan kunjungi:

http://priyadi.net/archives/2004/09/10/anne-ahira-bukanlah-pahlawan

disana ada tautan ke blog-blog lain yang membahas AA.