Saturday, July 10, 2004

will u shut up already, just beams me up !

gara2 bersih2 hd, gw ketemu tulisan ini. tugas kuliah, sama dosennya disuruh bikin analisis tentang tarif telekomunikasi, kasus dan format tulisan terserah. iseng gw bikin tentang teleportasi. teleportasi kan hybrid antara telekomunikasi dan transportasi. tapi ternyata analisisnya sulit. siyal.

sebagian dari tulisan itu gw paste disini, bagian penjelasan tentang teleportasi doang, plus ada script star trek dikit. silahkan dinikmati. awas jangan sampe ketiduran

*****************************************************************************

Captain Picard, Commander Riker, Commander Data, dan Letnan Wolf sedang main poker di common room ketika jam/telepon Captain Picard berbunyi.
“Ada apa Forge? “ Tanya Picard.
“Akhirnya dia muncul !” Jawab Forge.
“Siapa?”
“John Doe yang membunuh keluarga Wolf di Klingon !”
“Mari kita habisi dia !” Teriak Wolf.
“Sabar, Wolf.”
Mereka kemudian berlari ke ruang kontrol, dimana Forge sudah menunggu.

“Bagaimana situasinya?.” Tanya Picard.
“Sensor baru saja menemukannya disekitar Base 678 Klingon. Mari kita tangkap”.
“Siapa yang akan turun?”.
“Aku ikut !”. Teriak Wolf.
“Aku, Riker dan Wolf. Data, kamu yang bertugas sebagai Kapten kapal sekarang.”
“Baik, Kapten. Hati-hati !”.
“Dan kamu Wolf, jangan bertindak bodoh dibawah nanti.”
“Baik, Kapten.”
Picard, Riker, dan Wolf kemudian berbaris dibawah transponster.
“Beam us up, Data !”
Tiga buah sinar menyilaukan kemudian menyinari mereka bertiga. Ketika sinar tadi hilang, mereka telah ‘hilang’.

Sekejap kemudian, Picard, Riker, dan Wolf sudah ada di tanah Klingon. Ready to Rumble.

***

Star Trek telah membawa isu hebat, teleportasi. Apa itu teleportasi ? Teleportasi adalah sebuah istilah yang dibuat penulis fiksi ilmiah untuk “proses disintegrasi (disembodied) sebuah materi, untuk kemudian direkonstruksi secara tepat ditempat lain, dan semua itu dilakukan secara instan”. Tentu saja hal ini bertentangan dengan teori Einstein yang menyatakan bahwa hanya cahaya yang mempunyai kecepatan tertinggi. Sehingga definisi teleportasi tadi mesti diubah sedikit dengan mehilangkan kata instan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari ilustrasi berikut ini



Dengan definisi seperti ini kita menyadari bahwa ada banyak contoh dari teleportasi seperti : telepon (gelombang suara sebagai gelombang listrik), fax(metransport gambar), dan banyak contoh lainnya.

Teori mekanika kuantum mengatakan “semakin akurat kita mengekstrak informasi dari sebuah obyek, maka objek itu akan semakin terganggu dan mengakibatkan informasi yang dihasilkan tidak akurat.”. Dari teori ini dapat disimpulkan bahwa teleportasi tidak mungkin terjadi, karena kita tidak bisa mengekstrak semua informasi yang ada pada sebuah materi.

Pada tahun 1993, enam orang ilmuwan menemukan fenomena baru yang bisa digambarkan pada ilustrasi dibawah ini.



Kita tidak perlu mengektrak semua informasi dari A (obyek yang hendak diteleportasi). Cukup sebagian. Informasi yang belum terekstrak tadi dilewatkan pada efek Einstein-Podolsky-Rosen ke obyek B yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan A. Obyek B kemudian di-treatment sesuai dengan informasi yang sudah diekstrak tadi untuk kemudian menjadi obyek C yang sama dengan A.

*****************************************************************************

i wish teleportasi bisa diwujudkan, terlepas dari berbagai masalah yang mungkin timbul. contoh, hasil teleportasi itu orang yang sama bukan? ato, gimana kalo terjadi kesalahan pengiriman data, kan akibatnya bisa fatal. kalo lu pada udah baca timeline-nya michael cricton -yang nyeritain tentang mekanika quantum juga, tapi bedanya dengan teleportasi, kalo teleportasi 'berpindah tempat', maka timeline 'berpindah waktu'- disana diceritain tentang kesalahan rekonstruksi ulang dari tubuh manuasia setelah proses mekanikan kuantum. akibatnya? fatal tentu saja, walopun kesalahan yang terjadi cuma sedikit.

sebagai jobseeker [biar gaya, padahal pengangguran] kaya gw, teleportasi perlu banget, apalagi tempat kerja yang gw lamar rata2 di jakarta. contoh kasus rabu kemaren. sore2 gw ditelpon, katanya kalo mau kerja sama mereka, gw harus dateng ke sana hari kamis jam 9. kampring. padahal hari itu gw udah ada rencana lain. kampring. but, this is my career we'are talking about [jieee]. terpaksa hal2 lain mengalah. ya udah, gw lari2 pulang ke kost nyiapin perlengkapan perang, en naik kereta jam 5.15 sore kejakarta. kalo ngambil kereta malem, gw ga enak sama om gw. ga enak kalo gw nyampe mereka dah pada tidur.

namanya juga buru2, banyak banget yang kelupaan. lupa bawa kolor, siyal. efek ketinggalan kolor kayaknya ga usah dibahas lebih lanjut ^_^. lupa bawa ikat pinggang. untung bisa minjem. lupa bawa kaos kaki. yang ini gw males minjem. alhasil kaki gw lecet-lecet, maklum mau interpiu, jadi pake sepatu kulit. biasanya sih gw kalo kekampus ga pernah pake sepatu. lha?. gw pake sendal, ga mungkin lah nyeker. waktu praktikum doang gw pake sepatu kekampus.

nah, kalo ada teleport kayak di RO kan asik. gw ga mesti buru-buru. bisa maen RO dulu di lab. bisa ceting dolo. nyiapin barang bisa nyante. bisa dibikin check list dolo biar aman [niat banget]. ah susah emang jadi jobseeker, palagi kalo udah kerja ntar ya. emang enak jadi masahasiswa. so, buat kalian yang masih kuliah, nikmatilah masa kuliah kalian. lama2 aja dikampus. jadi koboy kampus.

*setelah gw baca lagi, weleh weleh, postingan in ga mutu banget, ya gapapalah, daripada ga posting. maen RO lagi ah, abis itu mo ngelanjutin baca parasit lajang-nya ayu utami. buku gendeng.*

*****************************************************************************

in another galaxy far far away ...

"beams me up"
"where to?"
"do you really have to ask?"
"..., still dreaming huh?"
"it keeps me alive"
"so you're saying that you'll die if ..."
"will you shut up already, just beams me up"
"..."