Saturday, July 24, 2004

longest posting ever : teluk buyat, erin brockovich dan john grisham

akhir2 ini gw menyerap kata baru : minamata. apa itu minamata? minamata adalah penyakit gangguan sistem saraf pusat akibat mengkonsumsi ikan atau kerang yang terkontaminasi logam berat arsen dan merkuri dalam jumlah banyak.

minamata sendiri adalah teluk dengan kota kecil bernama sama di kawasan jepang. tragedi yang terjadi di minamata berawal dari pendirian pabrik pupuk urea disana dan membuang limbahnya ke teluk minamata.

nah, penyakit minamata ini dicurigai diidap masyarakat teluk buyat di minahasa sulawesi utara. penyebabnya ditengarai berasal dari limbah dari pt. newmont minahasa raya. beberapa penduduk yang mengidap penyakit tersebut dibantu sebuah lbh, mengadukan pt. newmont ke polisi, menuntut ganti rugi atas penyakit yang mereka derita.

situasi tadi mengingatkan gw akan buku john grisham [i'm a big fan of his book] terakhir yang gw baca : king of torts. background cerita buku itu tentang ganti rugi. ganti rugi akibat kesalahan/ketidaksempurnaan produk/limbah/jasa/etc.

pernah denger istilah class action? class action adalah tuntutan yang diajukan beberapa orang sekaligus kepada orang yang sama akibat penyebab yang sama [cmiiw, susah euy bikin definisi hukum]. class action dilakukan biar efisien. biar persidangan tentang kasus yang sama tidak dilakukan berulang kali. kalo diambil contoh kasus minamata tadi, warga teluk buyat bisa melakukan class action terhadap pt. newmont menuntut ganti rugi atas penyakit yang mereka derita. daripada menyidangkan si anu vs newmont abis itu si fulan vs newmont tentu lebih baik dilakukan class action. dan dipihak penggugat yang biasanya adalah rakyat biasa, tentu lebih baik jika mereka bersama2 daripada sendiri2.

oke balik lagi ke buku king of torts-nya grisham. ceritanya tentang pengacara negeri [means : bekerja pada pemerintah] yang tiba2 jadi pengacara class action [istilah hukum amriknya : tort] paling tenar se amrik [terlalu rumit kalo diceritain kenapa dia tiba2 gitu]. diceritakan disana kalo tort lawyer adalah jenis pengacara yang paling kaya. why? karena mereka menggugat perusahaan besar dan klien mereka banyak.

sebagai contoh dibuku itu, ketika sebuah perusahaan obat besar yang terburu-buru memproduksi obat pelangsing. obat itu ternyata punya efek samping. mengetahui hal itu, para tort lawyer kemudian bikin iklan di media2 buat menjaring klien yang berniat menuntut perusahaan obat tadi. karena biasanya para klien tidah punya duit buat bayar pengacara yang jam2an itu, maka ganti rugi yang didapat [kalo menang] bakalan dikasih sebagian ke pengacara2 tadi sebagai uang jasa mereka.

karena perusahaan yang dituntut perusahaan besar, mereka tentu takut kasus tadi membuat nilai saham mereka jatuh dan konsumen jadi enggan memakai obat mereka lagi. perusahaan tadi biasanya bakalan meminta penyelesaian melalui 'jalur cepat' tanpa persidangan. karena biasanya persidangan sebuah tort case makan waktu lama, dan publikasi jelek sepanjang sidang berlangsung tentu tidak diinginkan perusahaan yang dituntut. diceritakan juga bagaimana sebuah perusahaan di akuisisi perusahaan lain gara2 saham mereka anjlok gara2 ada yang mengadukan produk mereka.

so, di buku itu, para tort lawyer kerjanya cuma bikin iklan buat narik klien en maen gertak2an sama perusahaan yang bikin kesalahan. tentu mereka perlu modal awal yang besar buat bikin iklan dan pemeriksaan kesehatan para klien [buat menentukan apakah klien2 tadi benar2 terjangkit penyakit ato ikut2an aja buat dapat uang ganti rugi]. jadi tidak semua pengacara bisa jadi tort lawyer. nah, tokoh utama dibuku itu, clay carter, dalam waktu singkat berubah dari pengacara negeri menjadi king of tort.

kalo bicara tentang ganti rugi [tort], class action dan sebagainya, gw jadi inget pelem erin brockovich. latar belakangnya sama. di pelem itu ganti rugi akibat limbah pabrik [mirip kasus minamata]. diakhir pelem si erin dapet check 2 juta dolar buat effortnya. gede banget untuk ukuran erin yang jadi paralegal-pun tidak qualified. tapi itulah dunia tort case. duitnya besar. btw, gw nonton pelem ini dah lama, bukan gara2 ada cerita hukumnya, tapi gara2 ada julia robert disana. tentu saja.

kembali sejenak ke kasus teluk buyat. kalo seandainya kasus ini terjadi di amrik, dimana hukum ganti rugi mereka udah jelas, walah, newmont bisa bankrut. tapi sayangnya kasus ini terjadi di indonesia. newmont perusahaan besar, bawa2 nama amrik lagi, dan indonesia negara lemah. lha wong kabarnya si newmont diijinkan ko buang limbah ke teluk buyat. mungkin nanti sebuah telpon dari si bush ke mega bisa menyelesaikan semua. ingat kasus manulife?. sekarang aja menteri dah turut campur, belom apa2 udah bilang kalo warga teluk buyat cuma cakit kulit, polri males banged [pake 'd' lo] meriksa kesana. ada juga lsm2 jakarta-base yang dateng kesana, tentu [kalo boleh berburuk sangka] pingin dapet 'cipratan' duit dari newmont. skrg, newmont udah menuntut balik lsm dan dokter yang mendampingi warga teluk buyat. so, prediksi gw [ciee, kayak maen bola], kasus ini ga bakalan sampe kepengadilan. hilang dengan sendirinya. warga teluk buyat mungkin dapat sedikit ganti rugi, begitu juga sm2 yang terlibat. dan mungkin nanti warga teluk buyat dipindahkan ke tempat yang lebih layak [baca : jauh dari limbah newmont. newmont sih tetap aja buang limbah disana, teluk buyat diresmikan jadi cagar limbah newmont]. and case closed.

kita kembali ke john grisham lagi. kenapa sih gw suka karya2 grisham? gw dari dolo udah reader kelas berat, kalo ketemu gw, sekali lirik udah tau kalo gw itu geek, nerd, dll. tapi ga kepikiran sama sekali buat baca buku2nya grisham. till, dalam sebuah diskusi mingguan sebuah ormas [gw jadi aktivis ceritanya], si pembicara nenteng2 buku grisham [lupa judulnya apa], en dia bilang kalo para2 aktivis yang ikut diskusi itu seharusnya baca grisham juga. biar tau seluk-beluk birokrasi, pemerintahan, luar negeri, dll. walopun setelah gw baca, usulan si bapak rada ga tepat, karena grisham di amrik, kita di indonesia. beda banged [pake 'd'], indonesia punya ciri khas. tapi lumayan lah baca buku grisham nambah pengetahuan.

dari situlah gw mulai baca buku2 john grisham. ada yang beli ada yang minjem di peminjeman buku. bahkan ada buku grisham gw yang bahasa inggris [tha chamber], gara2 di rental ga ada en di gramed en palasari versi indonesia pada habis. kepalang tanggung gw review aja sedikit buku grisham yang udah gw baca.

a time to kill. buku pertamanya grisham. what if ur daughter got raped by drunk white guy? ceritanya tentang pengacara yang membela seorang ayah yang membunuh pemerkosa anaknya. pesan moral yang dibawa buku ini bagus sekali. ceritanya juga bagus, banyak intrik2 tambahan (warna kulit, klu klux clan). di indonesia, si bapak pasti dihukum [pembunuhan dengan alasan apapun tidak boleh dilakukan], tapi di amrik sana, pengadilan menggunakan sistem juri. so, si bapak mungkin saja bebas. buku ini dah dibikin pelem.
togay's rate : 8 out of 10 stars.

the firm. ceritanya tentang pengacara muda yang terjebak di sebuah firma hukum yang ternyata berada dibawah kendali mafia. firma tadi dibuat untuk mencuci uang mereka, tentu mereka juga menerima pekerjaan bersih buat penyamaran. buku ini tebel. tapi tenang, ga ngebosenin. banyak thrillernya. nyaris ga ada courtroom drama. udah dibikin pelem.
togay's rate : 8 out of 10 stars

the pelican brief. ceritanya tentang mahasiswa yang brief-nya [terhadap sebuah kasus pembunuhan 2 hakim agung] ternyata bikin jengah berbagai pihak. maka dimulailah thriller pengejaran terhadap si mahasiswi. dalam perjalanannya membuktikan kebenaran brief tadi, si mahasiswi dibantu wartawan surat kabar. buku ini bagus. banyak cerita tentang birokrasi di amrik. pemilihan presiden, kebijaksanaan luar negeri, dll. nyaris ga ada courtroom drama. udah dibikin pelem.
togay's rate : 8 out of 10 stars

the client. ceritanya tentang pengacara cewek yang membela dua anak kecil yang kebutulan seorang pengacara yang bunuh diri. pengacara itu ternyata adalah pengacara seorang mafia yang bunuh diri karena tau kliennya membunuh senator [lupa sapa yang dibunuhnya]. yet another good book. full of thriller. can't stop reading till last chapter. mulai ada courtroom drama, en fyi, udah dibikin pelem juga.
togay's rate : 8,5 out of 10 stars

the chamber. ceritanya tentang pengacara muda yang membela kakeknya yang terancam hukuman mati dikamar gas. si kakek adalah klansman. fiuh, mirip dengan a time to kill, buku ini banyak bawa pesan moral, seting ceritanya juga rada2 mirip. gw baca buku ini yang versi inggrisnya, so terpaksa sering buka webster, soalnya banyak banget slank amrik bagian selatan yang ga gw mengerti. baru dibuku ini courtroom drama mulai banyak, walo ga sebanyak petualangan si bocah. udah dibikin pelem juga.
togay's rate : 8,5 out of 10 stars.

the rainmaker. tentang seorang pengacara muda yang berkualifikasi 'biasa2 aja' en harus berjuang mencari kerja di town that has been infested with lawyer. karena lawyernya udah terlalu banyak, maka bukan klien yang nyari lawyer, tetapi sebaliknya. mereka nangkring di rumah sakit & masang iklan dimana2. buku jgrisham yang paling gw suka. ada humornya, suspense, love story, courtroom drama, komplit dah. ceritanya naratif first person view : rudy baylor. udah dibikin pelem juga.
togay's rate : 9 of 10 stars

the runaway jury. rada susah ngejelasin cerita ini, karena sistem peradilan indonesia ga mengenal jury. sesuai judulnya, buku ini bercerita tentang seseorang yang nyamar jadi jury disetiap persidangan yang menuntut pabrik rokok. full courtroom drama. cuma sedikit suspense. kalo baru pertama baca grisham tidak disarankan baca yang ini. dibuku ini, imho, grisham mulai menurun. tapi masih layak dibaca. bukunya tebel. udah dibikin pelem juga.
togay's rate : 7 out of 10 stars.

the partner. tentang seorang pengacara [partner] sebuah firma hukum yang tiba2 menghilang dan membawa lari duit jutaan dolar. dia kemudian muncul dipedalaman brazil, sama sekali berbeda. ide buku ini bagus. tapi entahlah, gw ga gitu suka. tapi lumayanlah ngisi waktu luang.
togay's rate : 6,5 out of 10 stars.

the street lawyer. tentang seorang pengacara firma besar yang tiba2 membelot dan membela orang2 jalanan. yet another not-so-good book from john. seorang teman yang pengalaman pertamanya baca grisham buku ini [karena paling tipis] bilang : apa sih bagusnya buku2 john grisham sampe lu maniak banget?. ya, begitulah. imho, buku ini tidak gw rekomendasikan buat dibaca.
togay's rate : 5 out of 10 stars.

the testament. tentang seorang pengacara yang harus keluar masuk hutas di brazil buat cari pewaris kliennya. satu lagi buku yang tidak gw rekomendasikan buat dibaca. buku ini kayak buku panduan wisata. mungkin si john abis liburan ke brazil, trus bikin buku.
togay's rate : 4 out of 10 stars

the brethren. tentang hakim2 yang dipenjara dan kemudian memeras famous-and-rich-gay-people. keadaan memburuk ketika ternyata orang yang diperas adalah calon presiden dari republik. fiuh, akhirnya ada juga buku john yang bermutu. idenya bagus. banyak dapet pengetahuan pemilihan presiden, politik luar negeri, dll. idenya bagus. gw rekomendasikan buat dibaca.
togay's rate : 7,5 out of 10 stars.

a painted house. tentang para petani kapas di bagian selatan amrik [arkansas?]. satu lagi buku bergaya narasi firts person view setelah the rainmaker. kali ini yang jadi tokoh utama anak kecil 7 tahun : luke chandler. dia bercita2 mengecat putih rumah kakeknya dari hasil panen kapas tahun itu. waktu gw baca, rada kaget, si john ngeluarin buku yang non-hukum juga ya? gw bacanya tanpa ada ekspektasi apa2. tapi, heeebat. diluar dugaan. sugoi. i love this book. alurnya bagus. ceritanya komplit. sangat direkomendasikan buat dibaca. di yahoo, gw liyat udah ada pelemnya, tapi kok ga ada kabar gini ya?
togay's rate : 9 out of 10 stars.

skipping christmas. tentang sebuah keluarga yang berencana tidak merayakan natal. buku kedua yang ga ada unsur hukumnya. walo ga sebagus a painted house, tapi sangat layak baca. idenya brilyan. lucu. udah ada filmnya, tapi judulnya christmas with the cranks
togay's rate : 8 out of 10 stars.


the summons. tentang pembagian harta waris seorang hakim. dah lupa gw cerita detilnya. i don't recommend this for you to read. buku pertama yang gw baca lebih dari satu minggu. ngebosenin.
togay's rate : 4 out of 10 stars.



ceritanya udah ada diatas. yah lumayanlah, karena sebelumnya gw kecewa sama the summon, buku ini lumayan bagus, tapi masih jauh dari karya2 terbaik john sebelumnya.
togay's rate : 7 out of 10 stars




so, kalo lu mo mulai baca grisham, mulailah dari a time to kill. the summon, the testament, sama the street lawyer bisa dilewatin.

*fiuh, capek juga bikin postingan ini*