Friday, June 11, 2004

bermain-main dengan cinta

triggered by my friend's attemps to y'know [how to say this out ...] ... y'know, [still, otak gw nge-blank, ketaun deh goblognya gw], y'know, [ah sudahlah pake bahasa indonesia aja ^_^] ... selingkuh, gw sama temen ogrg bikin thread khusus buat ngebahas-nya [what a waste of time ^_^]. after talked this and that [banyakan junk-nya daripada postingan serius, maklumlah junker community] godelita post a 'letter' taken from bagus takwin's keinginan dan kecemasan.
eng ... ing ...eng ... here comes the letter

"rein yang baik,
saya kembali lagi padanya, tepatnya dia mau bersama saya lagi. meskipun waktunya masih lama, kami memutuskan mau melanjutkan hubungan kami ke pernikahan. saya memilih untuk berusaha kembali padanya. saya memilih dia untuk menjadi pasangan saya, begitu pula dia.

saya memilih dia karena cinta saya kepadanya adalah cinta yang saya bangun, cinta yang kami bangun dengan sengaja, dengan sadar. cinta kami bukan cinta yang terberi, bukan cinta indah yang tiba-tiba saja meresap, entah lewat pori-pori atau gelombang elektromagnetik, ke sekujur tubuh, yang kami tidak tahu darimana datang dan perginya. cinta kami adalah cinta yang kami kenal rumus dan resep pembentukannya, sehingga kami juga tahu cara merawat dan cara mempertahankannya.

terima kasih buatmu karena kamu tidak pernah mengijinkan kita untuk mengembangkan cinta kita. saya tidak tahu darimana datangnya perasaan suka, sayang, cinta, dan segala suka-cita saya bersama kamu. saya tidak tahu juga bagaimana merawat cinta kita. sesuatu yang datangnya di luar kekuasaan kita sangat mungkin akan pergi tanpa kita mengerti kenapa, tanpa kita kuasai dan tanpa kita duga. ternyata, saya memiliki ketakutan terhadap hal-hal yang tak terduga dan di luar kekuasaan saya, barangkali, kamu juga begitu.

saya ingin mengutip potongan sebuah sajak tanpa saya tahu benar apa yang membuat saya ingin mengutipnya.

"ternyata kita memang gaib
waktu yang kita pungut
cuma pegangan
mengantar ke kehampaan,
setelah mengira mengerti
begitu banyak.

dalam gelap,
tak bisa kuterka dirimu
merapat padakukah atau menjauh,
menembus langit?"

sekali lagi, saya mengutipnya tanpa tahu benar kenapa saya mengutipnya. saya hanya mengira ada yang benar dalam deretan kata itu tanpa tahu yang mana. terima kasih untuk mau menemani saya berbincang-bincang selama ini dan nasihat kamu agar saya kembali padanya."


[fyi, surat itu ada di kumpulan cerpen bagus takwin 'bermain-main dengan cinta', tepatnya di cerpen 'keinginan dan kecemasan']

God ... surat itu bagus banget, two thumbs up [don't u think so?]. gw terobsesi berat sama novel itu. [fyi, waktu godelita nge-post 'surat' itu, gw pikir itu diambil dari novel bagus takwin yang judulnya 'keinginan dan kecemasan'] a few days later, gw nyari2 novel itu ke gramed, siyal, ga ada novel bagus takwin yang judulnya 'keinginan dan kecemasan', adanya 'bermain-main dengan cinta'. desperate, gw ke palasari [kalo lu kul dibandung pasti tau lah palasari], ternyata hasilnya sama. kok bisa ya. gw jadi bingung. iseng gw ke comic corner [pada tau comic corner kan? skrg namanya udah berubah, tapi gw lupa], ga ada juga. siyal. ga ada kerjaan, akhirnya gw pinjem juga kumpulan cerpennya bagus takwin yang 'bermain-main dengan cinta'. ternyata, 'keinginan dan kecemasan' itu salah satu cerpen di 'bermain-main dengan cinta'. ah siyal. fyi, gw minjem novel itu waktu gw udah mulai sakit, tapi belom menggila. besoknya sakit gw menggila, so gw ga sempet baca cerpen2 itu semua.

finally, gw bisa baca cerpen 'keinginan dan kecemasan' full. gw kecewa. sepertinya si bagus, ngarang surat itu dulu baru bikin ceritanya. ceritanya ga menarik. i was hoping sebuah kisah perselingkuhan yang dasyat ^_^. gw juga heran, 'cinta yang ga jelas datengnya' di surat itu ternyata gara2 cowok [banu] dan cewek [rein] yang kalo ngobrol 'nyambung banget'. klik. rein bisa ngelayanin topik2 obrolan banu tentang apa saja. nah, kok si bagus malah nganggap itu 'cinta yg ga jelas'. bingung gw. kalo gw, justru cewek kayak gitu [cewek pinter, ato sok pinter ^_^, yang bisa diajak debat kusir ga tentu arah] yang gw cari. syarat utama buat jadi pendamping gw, setelah syarat yang lebih utama : berhijab. itu kalo gw. makanya gw ngambil kesimpulan, kalo cerpen itu cuma bagus di bagian suratnya doang. suratnya emang topbgt.

secara keseluruhan, kumpulan cerpen bagus takwin bagus [awas jangan bingung antara 'bagus' kata sifat sama 'bagus' si pengarang]. gw rekomendasikan lu pade buat baca, buat nambah wawasan. gw suka cara si bagus nulis. mengalir. simpel, tentu dengan pilihan kata yang ga terduga. i'm heavily inspired by him. gw jadi pingin nulis kayak dia ^_^. ntar tunggu tanggal maennya. udah ada dua ide cerita [tentang cinta, tentu saja] di otak gw. kalo gw ga ada kerjaan gw bakal tulis. kalo gw selalu ada 'kerjaan', ya ga jadi gw tulis. maklumlah, gw 'perencana' yang baik, tapi kalo soal realisasi, entahlah. way too many plan, nyaris ga ada realisasi ^_^. dasar.

ps
thanks to godelita [thanks udah ngenalin gw sama si bagus], sugar [talking to u benar2 mencerahkan, en pengalaman lu, gila ... salut deh gw] dan temen2 di ogrg [keep on junk-ing u guys ^_^].